GERAKAN AKAR RUMPUT DI JAMBI

Tanggal 26 Agustus 2022 Pansumnet dan BWS mengadakan diskusi bulanan dengan pembicara utama Mukhtar Hadi atau Borju. Jika ada contoh tentang penggerak masyarakat dalam arti sebenar-benarnya maka Borju adalah salahsatu contoh yang terbaik. 

Beliau bersama dengan Perkumpulan Rumah Menapo  mendirikan Sekolah Alam Raya Muara Jambi pada tahun 2010 dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat hampir setiap minggu dengan tema yang berbeda-beda, seperti Desaku Bersih: Sungai Batanghari bukan tong sampah raksasa; Benteng Hijau untuk Desaku; Goresan Situs Bersejarah dan Penyelusuran Situs Sejarah. Tujuan utamanya adalah melibatkan masyarakat termasuk anak-anak dalam pelestarian Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi.

Perkumpulan Rumah Menapo mempunyai saluran YouTube yang terbuka untuk umum tanpa registrasi, menampilkan berbagai kegiatan mereka termasuk diskusi internal sehari-hari. Salurannya bernama Menapo TV. 

Mendengarkan kisah perjuangan Borju dan teman-teman di Jambi sangat inspiratif dan menumbuhkan semangat terus bekerja dan berjuang untuk pelestarian di Indonesia. Perkumpulan Rumah Menapo dan Sekolah Alam Raya Muara Jambi juga bisa menjadi tujuan kunjungan kerja yang sangat menarik untuk belajar tentang gerakan akar rumput di Indonesia. 

Via Borju dan rekan-rekan di Jambi! Semangat terus!





Comments

Popular posts from this blog

SOCIAL HOUSING IN IPOH: WALLER COURT

A COURAGEOUS GESTURE

PLACE MAKING FOR HISTORICAL BUILDINGS IN JAKARTA