BELANDA YANG GILA SEPEDA

Kita bisa berkomentar bahwa kontur tanah di Belanda memang datar jadi enak bersepeda, tetapi angin dan cuaca yang tidak menentu juga tidak menyiutkan nyali orang Belanda untuk bersepeda. Hujan, salju dan badai terus saja mengayuh sepeda. Ke kantor, ke pasar, sendirian atau membawa anak-anak pun dilakukan dengan bersepeda. Strata sosial dan ekonomi tidak signifikan lagi kalau soal bersepeda. Menteri pun bersepeda. Fasilitas jalur sepeda sudah dimulai disediakan 125 tahun yang lalu, menunjukkan niat yang sungguh-sungguh untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi di negeri ini.

Kalau soal sepeda, mari kita belajar dari Belanda, negara yang besarnya kira-kira hanya seluas Jawa Barat dan populasinya hanya 16 juta orang ini.

13,5 juta orang Belanda di atas usia 4 tahun (84% dari seluruh populasi) jika digabungkan seluruhnya memiliki 18 juta sepeda.

14,1 milyar kilometer adalah jarak yang ditempuh oleh seluruh orang Belanda yang bersepeda setiap tahunnya.

1,75 juta sepeda yang lalu lalang pada hari kerja antara jam 8 dan 9 pagi; lebih banyak dari jumlah mobil.

14 juta adalah jumlah perjalanan bolak-balik sepeda pada hari kerja.

50% (kira-kira) dari seluruh mobilitas di dalam kota Groningen dilakukan dengan bersepeda : rekor dunia.

26% dari seluruh mobilitas di Belanda dilakukan dengan bersepeda : 4,5 milyar per tahun.

3500 rute sepeda di Belanda yang seluruhnya mencakup seratus ribu kilometer.

1885 : jalur sepeda yang pertama, yaitu Maliebaan di Utrecht.

2,4 juta ton : jumlah CO2 yang dikurangi jika seluruh pergerakan mobil diganti oleh 7,5 km bersepeda.

(Sumber : de Volkskrant 10 April 2010)

Comments

Popular posts from this blog

Le Corbusier's Ghetto (and how the Dutch deal with it)

INFILL DEVELOPMENT

REFLECTION ON 2023