INFILL DEVELOPMENT

Perpaduan antara bangunan lama dan baru selalu menarik perhatian saya karena saya percaya pelestarian pusaka (heritage conservation) haruslah aktual dan menjawab kebutuhan zaman. Jadi tidak semata-mata dan sama sekali bukan untuk nostalgia. Jika memang niat ada banyak cara untuk mempertahankan bangunan lama dan mengkombinasikannya dengan bangunan baru. Dengan cara ini pelestarian pusaka dan pembangunan baru secara simultan terakomodasi.

Solusi seperti ini umumnya disebut Infill Development. Definisinya menurut BUILD, is the economic use of vacant land, or restoration or rehabilitation of existing structures or infrastructure, in already urbanized areas where water, sewer, and other public services are in place, that maintains the continuity of the original community fabric.

Solusi Infill Development juga berdasar pada semakin meningkatnya kesadaran tentang pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan hidup. Pendekatan Infill adalah tanggapan terhadap kebijakan pemerintahan di negara-negara Amerika, Eropa Barat dan bagian dunia lainnya untuk memanfaatkan kembali lahan dan struktur yang sudah terbangun dibandingkan dengan membangun di lahan yang baru sama sekali. Hal ini setidaknya mengurangi beban lingkungan. Selain itu keluarga inti yang semakin mengecil dan semakin besarnya populasi manula meningkatkan kebutuhan akan unit rumah tunggal di tengah perkotaan.

Dalam banyak kasus, Infill Development juga berhasil menghidupkan kembali kawasan-kawasan industri di tengah kota yang nyaris mati. Dengan peremajaan fasilitas dan modernisasi bangunan d kawasan kota lama maka investor bergairah kembali membuka usaha-usaha baru. Pendekatan infill memang menantang, kompleks dan kontroversial karena berbagai tekanan antara mempertahankan karakteristik lama dan menjawab kebutuhan baru. Namun beberapa kasus Infill berhasil menjawab tantangan tersebut.

Dalam terbitan New Urban Home ada kutipan dari Le Courbusier bahwa arsitektur semata-mata tidak bisa menyelamatkan dunia, tetapi para arsitek dan perencana kota mempunyai tanggungjawab untuk memainkan peran utama dalam menciptakan dunia yang lebih baik.


Comments

Popular posts from this blog

REFLECTION ON 2023

RISE AND FALL OF SUGAR INDUSTRY IN INDONESIA