KENAPA BERSEPEDA SANGAT POPULER DI BELANDA?

Belanda sangat terkenal sebagai negara sepeda. Semua ujung negara ini (memang luasnya hanya sekitar luas Jawa Barat sih) dihubungkan oleh jalur sepeda kira-kira 35 ribu kilometer. Ada organisasi yang namanya the Urban Cycling Institute katanya menerima sekitar 150 delegasi dari seluruh dunia setiap tahun yang datang ke Belanda untuk belajar bagaimana mentransformasi masyarakat cinta mobil menjadi masyarakat yang cinta sepeda. Organisasi ini tugasnya adalah "bringing knowledge on cycling from science to practice and back". Bagus ya visinya? 




Saya menghadiri pemutaran dan diskusi tentang karya mereka yang baru dirilis yaitu film dokumentasi dengan judul "Why We Cycle" hari Selasa, 2 Mei 2018. Film sepanjang satu jam ini memaparkan pengalaman pribadi para pesepeda di Belanda dan juga ulasan para ahli tentang sisi positif bersepeda. Jadinya memang film propaganda seperti disebutkan oleh seorang peserta diskusi dan diamini oleh Marco te Brömmelstroet (Associate Professor dalam Urban Planning di University of Amsterdam dan Academic Director of the Urban Cycling Institute).

Tapi lembaga ini tidak hanya membuat film propaganda, mereka banyak melakukan riset lain tentang sepeda dan budaya bersepeda. Jadi film ini memang hanya salah satu produk yang ditujukan untuk negara-negara asing yang penasaran kenapa orang-orang di Belanda senang dan rajin bersepeda. Website mereka sangat menarik untuk dibaca-baca.

Comments

Popular posts from this blog

REFLECTION ON 2023

RISE AND FALL OF SUGAR INDUSTRY IN INDONESIA

INFILL DEVELOPMENT