Friday, May 29, 2020

DUA PAHLAWAN PELESTARIAN AMSTERDAM

Ada dua orang yang saya jadikan panutan dalam hal pelestarian bangunan dan kawasan bersejarah di Amsterdam: Paul Morel dan AndrĂ© van Stigt. Paul Morel adalah manajer proyek di Stadsherstel Amsterdam (the City Restoration Company of Amsterdam), sedangkan AndrĂ© van Stigt seorang arsitek spesialis konservasi yang mewarisi biro arsitek dari ayahnya, Bureau J. van Stigt. 

Keduanya bekerjasama pertamakali 38 tahun yang lalu menyelamatkan sebuah gereja bernama De Posthoornkerk . Setelah itu diikuti oleh proyek-proyek lain sampai mencapai 7 buah, semua dalam skala relatif besar dan signifikan dalam revitalisasi sebuah kawasan. Ketujuh proyek kerjasama itu adalah:
  1. Posthoornkerk
  2. NedPho-Koepel 
  3. De Hallen (Hal 17)
  4. Vondelkerk
  5. Pakhuis de Zwijger
  6. Haarlemmerpoort
  7. Muiderkerk
Dua orang ini sama-sama mempunyai idealisme memelihara identitas dan sejarah Kota Amsterdam melalui bangunan dan kawasan bersejarah. Idealisme itu didukung bukan hanya oleh pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni, tetapi juga oleh kepedulian pada komunitas lokal dengan segala dinamikanya seperti lapangan kerja, kohesi sosial, dan kehidupan budaya yang dinamis. 

Salahsatu prinsip yang saya petik dari keduanya adalah sebuah bangunan dilestarikan untuk fungsi baru yang sesuai. Jadi bukan melestarikan bangunan untuk fungsi baru. Prinsip ini diterjemahkan dalam ketujuh proyek di atas dan hasilnya memang terlihat nyata. Semua proyek itu bisa menghidupi dirinya sendiri, berkelanjutan dalam jangka panjang. Proses pelestarian yang baik dan benar direncanakan dan dihitung agar memberi keuntungan finansial dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat sekitar. Keuntungan finansial sangat penting untuk menjaga keberlanjutan proyek agar jangan sampai menjadi proyek yang mati di tengah jalan atau hanya ramai pada saat permulaan saja. Selain itu, keuntungan finansial juga memungkinkan untuk memberi penghargaan yang sesuai kepada semua ahli dan staf yang terlibat dalam proyek. Usaha pelestarian adalah kerja profesional yang ada standar dan aturan mainnya.

Setiap proyek di atas ada tautan websitenya jika ingin melihat gambar atau membaca lebih jauh. 

(Sumber: Stadsherstel Amsterdam, Bureau van Stigt).

No comments: