JEMBATAN BERLAGE

Pada suatu pagi yang cerah minggu lalu saya bersepeda melewati Jembatan Berlage di Amsterdam. Kebetulan jembatannya sedang terbuka memberi jalan bagi kapal yang akan lewat. Mungkin kombinasi antara sinar matahari, sungai Amstel dan promenade sepanjang sungai yang bersih dan menyenangkan membuat Jembatan Berlage tampak cantik di mata saya. Walaupun usianya sudah 67 tahun (diresmikan tahun 1932) namun fungsi teknis dan estetisnya tidak berubah. Arsiteknya, H.P. Berlage pasti bangga dengan pemeliharaan yang baik ini.
Pada tahun 1945, sebuah plakat direkatkan di jembatan ini: "This plaque is presented to the City of Amsterdam by Canadian soldiers who served in the Netherlands to commemorate the liberation of the Netherlands and in acknowledgement of the gracious hospitality extended by the Dutch people to the Canadian forces 1944-45."

Jembatan dengan fungsi teknis yang sama juga ada di Jakarta Kota (Jembatan Kota Intan, 1628) dan Palembang (Jembatan Ampera, 1962). Bedanya, kedua jembatan tersebut tidak pernah diaktifkan lagi untuk lalu lintas kapal.

Comments

Popular posts from this blog

REFLECTION ON 2023

RISE AND FALL OF SUGAR INDUSTRY IN INDONESIA

INFILL DEVELOPMENT